Musim hujan seolah-olah menjadi surga bagi rayap yang bersarang. Karena pada waktu tersebut, mereka memperoleh kondisi yang disukai yaitu lembab dan gelap. Jika tidak ingin bangunan atau furniture Anda rusak secara perlahan, sudah saatnya untuk mulai memeriksa satu persatu sudut rumah dan memastikan aman dari bahaya rayap. Jika sudah terlanjur lebih baik gunakan jasa anti rayap.

Memeriksa Rumah dari Koloni Rayap yang Berbahaya

Karena kedatangannya sangat mendadak dan terkadang tidak diketahui oleh sang penghuni rumah. Oleh karena itu, di musim hujan Anda harus memeriksanya dengan mengenali ciri-ciri adanya rayap. Salah satu yang paling menonjol yaitu adanya serbuk gergaji berwana kekuningan.

Periksa apakah di rumah Anda terdapat gumpalan lumpur. Karena biasanya mereka gemar membuat sarangnya di sudut tiap furniture atau tanah yang lembab. Jika ada lakukan pembasmian dengan segera. Bisa dibakar, atau dirusak kemudian disapu. Teliti satu persatu.

Atau Anda juga bisa mengetuk perabotan yang terbuat dari kayu. Jika Anda menemukan perabotan yang bersuara hampa ketika diketuk. Maka sudah bisa dipastikan ada rayap yang bersarang di dalamnya. Ketuk secara menyeluruh entah itu rak buku, meja belajar atau yang lainnya. Alangkah baiknya untuk menutup celah masuknya rayap akan tidak kembali di kemudian hari.

Yang paling terpenting, usahakan untuk tidak menaruh kayu langsung bersentuhan dengan lantai atau berdekatan dengan air. Karena bisa menjadikannya lembab dan mengundang rayap untuk masuk.dan bersarang. Apalagi ia hidup dalam koloni yang pasti sangat merepotkan apabila bertelur secara bersamaan. Bisa-bisa Anda banyak menghabiskan biaya untuk membeli perabotan yang baru lagi.

Memang, memeriksa dan membasmi rayap bisa dibilang gampang-gampang susah. Sehingga Anda juga perlu memanggil tenaga profesional untuk mengatasinya. Gunakan jasa anti rayap, carilah informasi tentangnya. Mana saja yang mampu membasmi rayap dengan cara yang tepat dan tidak kembali lagi. Sehingga Anda bisa merasakan nyaman tanpa khawatir furniture rusak atau rumah menjadi kotor.